23.14
0
Web hosting adalah tempat dimana kita meletakkan semua data data, file, database, dan semua resources website. Oleh karena itu perkara kita memilih web hosting bukanlah masalah yang sepele karena bagi online business owner website adalah ‘lapak’ penghasil uang mereka, website adalah tumpuan penghasilan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih web hosting yang baik untuk website anda.
  1. Pastikan perusahaan hosting anda punya legalitas: legalitas merupakan langkah awal untuk menilah layanan hosting. Jangan sampai baru 2 bulan website hosting anda sudah menghilang kabur tidak tahu kemana. Legalitas juga menjamin pengurusan jika ada masalah dan support. Jika punya legalitas kita dengan mudah melacak alamat dan menghubungi kontak support mereka jika terjadi masalah pada hosting kita.

  2. Pastikan perusahaan yang sudah establish: maksud perusahaan yang sudah establish disni adalah perusahaan yang berpengalaman di bidang hosting, mempunyai tenaga ahli di bidang hosting. Hal ini penting jika seumpama terjadi malsalah pada server maka penyelesaian akan cepat.

  3. Pastikan perusahaan hosting tidak melakukan overselling: Overselling disini maksudnya adalah perusahaan hosting menjual akun hosting melampaui batas kemampuan server dia. Biasanya di cirikan dengan harga yang murah dan fasilitas unlimited. Overselling biasa dilakukan oleh para reseller hosting yang baru memulai bisnis hosting, mereka cenderung hanya mementikan profit daripada kepuasan konsumen dan bai tidaknya layanan.

  4. Pastikan uptime diatas 95%: sekain besar uptime (mendekati 100%) artinya website anda akan selalu online dan tidak pernah down. Pastikan anda memilih hosting dengan mengecek terlebih dahulu uptime servernya. Ban yak layanan gratis untuk mengecek uptime yang bisa diperoleh dari search di google.

  5. Pastikan feature hosting anda lengkap: hal ini juga penting, pastikan ada cpanel, fantastico, webmail, file manager dengan kuota yang wajar.

  6. Pastikan hosting anda bisa mengakomodir semua kebutuhan website anda. Jika misalnya website anda membutuhkan banya database ya carilah hosting dengan jumlah kuota database yang banyak.

  7. Sesuaikan space dan bandwidth dengan kebutuhan anda: space terlalu besar juga tidak akan berguna jika anda hanya menmbuat company profile dengan static html.

  8. Cari tahu bagaimana penangan jika ada masalah pada akun anda jangan sampai anda dibuat kesal oleh customer support yang “nyebelin”.

  9. Cari tahu term of service perusahaan, jangan sampai anda membeli hosting tetapi mengalami banyak masalah karena website anda tidak sesuai denga term (contoh: CPU usage limit, Inode dll)

  10. Selalu komunikasi dengan forum review hosting dan bukannya blog blog yang mereview hosting. Blog blog hanya mereview karena mereka mau mendapatkan komisi jika anda membeli dari link mereka (affiliate link).

0 komentar:

Posting Komentar